Senin, 15 Juli 2013

Pendopo Delta Wibawa


tampak depan pendopoPendopo Delta Wibawa merupakan rumah dinas Bupati Sidoarjo yang terletak di sebelah utara Alun-Alun Sidoarjo yang beralamatkan di Jalan Cokronegoro Sidoarjo . Selain sebagai rumah dinas bupati Sidoarjo, Pendopo Delta Wibawa juga digunakan sebagai tempat pagelaran seni budaya dan kegiatan masyarakat lainnya.Mulai dari acara lelang bandeng , sunat massal , nikah massal sampai dengan rapat pertemuan antar pejabat daerah pernah di gelar di Pendopo Delta Wibawa ini.
Terakhir di gelar , adalah acara sunatan dan nikah massal yang di adakan bulan Februari 2013 oleh BAZ (Badan Amil Zakat) pemerintah kabupaten Sidoarjo. Tercatat setidaknya 75 pasangan nikah massal dan 184 anak fakir miskin yang mengikuti acara sosial tersebut. Kegiatan yang di prakarsai oleh BAZ Sidoarjo ini,telah bekerjasama dengan Departemen Agama (Depag) Kabupaten Sidoarjo,  Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sidoarjo untuk membantu pelaksananaan.
pendopoPernikahan dan Khitanan massal sengaja digelar BAZ Sidoarjo memang bertujuan membantu masyarakat yang kurang mampu . Anak-anak peserta khitan massal mendapatkan bingkisan berupa songkok, sarung, uang transport, juga pengobatan secara cuma-cuma alias gratis pasca dikhitan. Untuk peserta kawin massal juga dibebaskan dari segala biaya pernikahan maupun biaya resepsi yang diselenggarakan di Pendopo Delta Wibawa .
Selain untuk membantu warga yang kurang mampu, menurut Wakil Bupati Sidoarjo bapak MG Hadi Sutjipto, tujuan digelarnya pernikahan massal ini juga untuk memperoleh legalitas serta pengesahan secara resmi dari undang-undang negara tentang status perkawinannya melalui nikah massal ini. Sebab, lanjutnya, masih banyak warga yang menikah secara siri .
Nikah massal maupun khitan massal yang diadakan pada bulan Februari kemarin merupakan salah satu contoh pemanfaatan dari gedung Pendopo Delta Wibawa . Gedung yang terletak disebelah utara Alun-alun kota Sidoarjo ini juga telah banyak bermanfaat untuk masyarakat Sidoarjo sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar